Beranda / Blog

Intip Kelebihan dan Kekurangan Rumah Segitiga dan Kotak

 08/05/2021

teguh arief

Kombinasi Rumah Segitiga dan Kotak. Foto: Archdaily.com / Rafael Gamo.

Dalam membangun rumah sering kali dihadapkan dengan berbagai isu konsep bangunan (segitiga, kotak, dsb) dan kelebihan dan kekurangannya. Seperti menginginkan konsep minimalis atau sederhana, sentuhan alam, serta tidakmainstream. Dan juga kelebihan dan kekurangan dari sisi bangunan, ketersediaan biaya, dan lainnya.

Mungkin kita bisa intip konsep bangunan rumah segitiga dan atau kotak sebagai solusi dari isu tersebut. Jika menginginkan rumah unik yang berkesan minimalis atau sederhana, dan juga dapat menekan biaya pembangunan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan rumah segitiga atau kotak.

Rumah Segitiga

Harmonisasi rumah segitiga dan alam.

Mulanya rumah-rumah segitiga berdiri didasari untuk menyelaraskan kondisi topografi dan permukaan tanah yang miring, sehingga salah satu tujuannya tercipta keharmonisan dengan alam.

Rumah segitiga umumnya memiliki konstruksi bangunan yang sederhana dan bahan yang dibutuhkan jauh lebih sedikit. Selain itu, durasi menyelesaikan pembangunannya lebih cepat.

Kencenderungan rumah segitiga lebih sejuk dari konsep bangunan lain. Kemiringan atap akan membantu penyerapan panas maksimal, sehingga bagian dalam rumah akan terasa sejuk.

Namun perlu diingat rumah segitiga dengan sudut atap yang landai bisa menambah beban berat pada struktur, sehingga dapat menyebabkan bangunan makin mudah roboh.

Rumah Kotak

Rumah kotak modern di Inggris. Foto: Archdaily.com / Andy Stagg, Andy Matthews.

Dapat dikatakan rumah kotak memiliki bagunan yang sederhana dengan material lebih sedikit. Rumah kotak menghadirkan kesan minimalis atau sederhana.

Bagian atas rumah kotak berupa atap yang datar dapat dijadikan teras untuk bersantai, atau area untuk bercocok tanam dalam pot.

Rumah kotak dengan derajat kemiringan yang rendah, atau hampir tidak ada, mengakibatkan atap datar rentan bocor. Oleh karena itu, atap datar kurang cocok untuk daerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

Bagaimana, Anda tertarik untuk membangun rumah segitiga atau kotak atau mungkin mengkombinasikan berbagai konsep?

Baca juga: Fasad Rumah Beberapa Negara Yang Populer Di Indonesia

Tagline:

Kelebihan dan Kekurangan Konsep Rumah Segitiga

 

Rumah Kotak