Beranda / Blog

Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Dibuka

 17/01/2023

Erwan

Masjid Raya Al-Jabbar atau dikenal Masjid Terapung Gedebage yang baru saja resmi dibuka. Foto: Jabarprov.

Bandung, Properti2 - Masjid Raya Al-Jabbar dibangun pada tahun 2017 dan baru resmi dibuka secara umum pada hari Jumat, 30 Desember 2022.

Pembukaan Masjid Raya Al-Jabbar dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menandai resmi dibuka.

Prosesi Masjid Raya Al Jabbar yang resmi dibuka dimulai dengan kegiatan menanam pohon, lalu penebaran benih ikan di danau retensi dan diakhiri dengan pelepasan burung di area masjid.

Ridwan Kamil menjelaskan makna nama dari Masjid Raya Al-Jabbar ini memiliki dua makna yang berbeda.

“Bukan kebetulan, masjid ini memiliki latar belakang matematis (Al-Jabbar), dan juga Jabbar, bisa dikaitkan dengan singkatan dari Jawa Barat. Mari, kita makmurkan masjid ini,” ucapnya.

Masjid yang baru resmi dibuka ini dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektar. Masjid ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang yang terdiri dari 10.000 di dalam bangunan dan 20.000 di plaza.

Masjid Raya Al-Jabbar memiliki 27 simbol identitas yang melekat pada pintu-pintu masjid yang merepresentasikan 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Al-Jabbar juga terdapat fasilitas edukasi seperti Museum Sejarah Islam di Indonesia dan Jawa Barat yang menampilkan sejarah perkembangan Islam di Indonesia, terutama Jawa Barat.

“Ada taman yang menceritakan 25 Rasul dan Nabi dalam sejarah Islam. Ada tulangnya ikan paus, (kisah) Nabi Yunus. Ada perahu-perahuan Nabi Nuh,” ungkap Emil terkait dengan taman Nabi dan Rasul.

Masjid Raya Al-Jabbar dikelilingi oleh danau retensi yang besar. Karenanya, Masjid ini juga digelari sebagai Masjid Terapung.

Artikel Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Dibuka dikutip dari berbagai sumber...

Baca juga: Arsitektur Masjid Paling Unik Dan Menarik Di Dunia

Tagline:

Masjid Raya Al-Jabbar

 

Masjid Terapung Gedebage

 

resmi dibuka

 

Ridwan Kamil